Tips aman saat jual beli dengan sistem cod

Cara aman agar tidak tertipu saat melakukan transaksi jual beli dengan sistem cod (cash on delivery)


Cara aman saat jual beli dengan sistem cod

Giat Mengajar - Saya akan berbagi tips supaya terhindar dari hal yang tidak di inginkan saat menjual/membeli suatu barang menggunakan sistem bayar di lokasi yang telah di setujui kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli atau yang lebih dikenal dengan istilah cod.

Sebenarnya tidak hanya cod, ada banyak sistem transaksi dalam jual beli yang baik untuk anda ketahui seperti rekber (rekening bersama) dan pulber (pulsa bersama).

Mungkin jika anda membeli barang di marketplace yang sudah terkenal juga terpercaya seperti shopee, bukalapak, tokopedia, lazada dan masih banyak lainnya tidak akan menimbulkan keraguan dalam bertransaksi meskipun harus mentransfer uang terlebih dahulu karena bila barang yang dipesan tidak sampai uang akan dikembalikan.

Lain hal jika bertransaksi di tempat seperti forum jual beli yang ada di facebook dan instagram yang masih memungkinkan adanya modus penipuan.

Tindakan dengan transaksi sistem cod adalah hal terbaik dalam membeli/menjual barang bila masih terdapat keraguan terhadap lawan transaksi.

Cara aman jual beli sistem cod sebagai pembeli

1. Menjelaskan kepada penjual jika anda masih ragu dengan barang yang akan dibeli dan ingin melihat - lihat dulu agar tidak php in sang penjual.

2. Jika penjual memiliki toko sebagai tempat berjualan sebaiknya mendatangi langsung toko tersebut dan mintalah alamat dengan jelas serta penunjuk arahnya.

2. Apabila penjual berkenan bisa diminta untuk mengirimkan barangnya ke rumah kita.

3. jika penjualnya tidak memiliki toko fisik dan hanya berjualan online maka COD bisa ditentukan dengan memilih tempat sesuai kesepakatan.

4. Cari tempat COD yang nyaman dan hindari tempat sepi agar terhindar dari hal - hal yang tidak di inginkan.

5. Cek barang yang hendak dibeli secara teliti, menanyakan kepada penjual mengenai barang tersebut. Tanyakan juga apakah ada garansinya atau tidak dan bagaimana metodenya.

Cara aman jual beli sistem cod sebagai penjual


Cara aman jual beli sistem cod

Sebenarnya cara agar aman jual beli dengan metode cod sebagai penjual hampir sama dengan pihak pembeli seperti memilih lokasi ketemuan.

1. Bila pembeli masih ragu dan ingin melihat-lihat dulu sebaiknya calon pembeli diminta untuk datang ke toko atau lokasi anda sebagai penjual untuk menghemat waktu dan biaya bila transaksi dibatalkan.

2. Jika pembeli dirasa benar-benar berniat untuk membeli barang yang dijual tidak ada salahnya bila kita bersedia untuk cod atau mengantarkan barang ke lokasi pembeli.

3. Apabila ternyata sang pembeli hanya membawa uang sebagian dari harga dan hendak membayarnya di keesokan hari sebaiknya mintalah data diri serta alamat lengkapnya.
Itulah tips seputar cara aman saat jual beli dengan metode cod agar teehindar dari tindak kriminal.

0 Response to "Tips aman saat jual beli dengan sistem cod"

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2