Inilah berbagai pengertian seni menurut para ahli

Halo sobat giat mengajar, saya akan memberikan materi mengenai pengertian seni secara umum dan juga seni menurut para ahli. Pelajaran seni  tentunya sudah di ajarkan sejak Sekolah Dasar Dasar meskipun tidak semua tingkatan kelas di ajarkan.


Hampir semua orang memiliki jiwa seni meskipun bukan seorang seniman. Lalu apakah itu seni? sudah tahukah kamu apa itu seni? berikut pengertian seni secara umum dan pengertian seni menurut para ahli.


Pengertian Seni Secara umum

Pengertian seni secara umum adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain.

Berikut ini merupakan pengertian seni menurut para ahli.
Pengertian Seni Menurut Para Ahli

1. J.J Hogman

Seni adalah sesuatu yang memiliki unsur ideas, activities, dan artifact.

2. Aristoteles

Seni ialah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

3. Drs. Popo Iskandar

Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat / berkelompok.

4. Ki Hajar Dewantara

Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.

5. Drs. Sudarmaji

Seni merupakan segala manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume & gelap terang.

6. Immanuel Kant

Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

7. Alexander Baum Garton

Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

8. Ahdian Karta Miharja

seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk & isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.

9. Drs. Suwaji Bastomi

Pengertian seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang memiliki daya membangkitkan rasa takjub & haru.

10. Eric Ariyanto

Seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

11. Hilary Bel

Menurut Hilary Bel seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

12. Ira Adriati. M. Sn

Ira Adriati. M. Sn seorang dosen seni ITB berpendapat bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

13. James Murko

Berpendapat bahwa seni adalah penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat dianggap oleh indra pendengar (seni suara) penglihatan (seni lukis) atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama).

14. Leo Tolstoy

Berpendapat bahwa yang dimaksud seni adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

15. Plato & Roussea

menyatakan bahwa seni merupakan hasil peniruan alam dengan segala seginya.

16. Schopenhaur

Seni sebagai segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang sangat menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan fungsi seni musik meskipun seni musik ialah seni yang paling abstrak.

Baca juga : Jadwal SNMPTN, UTBK dan SBMPTN terbaru

17. Definisi Seni Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Halus, kecil & halus, tipis & halus, lembut & enak di dengar, serta mungil & elok.

Keahlian membuat karya yang bermutu
Kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi atau (luar biasa) orang yang berkesanggupan luar biasa.

18. Ensiklopedia Indonesia

Seni adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang akan senang untuk melihat ataupun mendengarkanya.

Itulah berbagai pengertian seni menurut para ahli. Saya mohon maaf jika banyak kesalahan dan tidak semua pengertian seni menurut para ahli saya cantumkan. Apabila ingin menambahkan silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Terimakasih.

0 Response to "Inilah berbagai pengertian seni menurut para ahli "

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2