Cara mudah membuat disclaimer untuk blog dan website

Giat Mengajar - Sebelum membuat disclaimer untuk blog ada baiknya anda mengetahui apa itu disclaimer dan apa fungsi disclaimer pada blog maupun website. Berikut pengertian disclaimer yang saya dapatkan dari google.

Cara membuat disclaimer

Disclaimer adalah kalimat peringatan kepada konsumen atau publik mengenai kualitas barang riil, artikel, anjuran, advis, ramalan dan benda abstrak lainnya.

Jadi pada intinya disclaimer merupakan suatu pernyataan bahwa segala sesuatu yang dimuat di dalam website atau blog tersebut hanyalah sebagai informasi belaka dan pemilik atau pengelolanya tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat tersebut.

Sama seperti privacy police yang saya jelaskan sebelumnya, jika anda membuat blog / web bukan untuk tujuan komersial anda tidak diharuskan untuk membuatnya dan berbanding terbalik jika untuk tujuan komersial terutama mendaftar jadi publisher google adsense.

Hampir semua blog dan web profesional mencantumkan disclaimer, privacy policy, Terms of Service dan contact us. Mungkin jika anda sedang berkunjung pada suatu web / blog tidak begitu omemperhatikan. Tapi pada umumnya terletak pada bagian footer atau menu navigasi.

Baca juga : Cara buat privacy police untuk blog

Di Indonesia, pencantuman disclaimer dalam situs tidak dengan sendirinya melepaskan tanggung jawab hukum dari si pemilik atau pengelola situs yang bersangkutan. Itu yang tertera dalam UU ITE yang menjadi pedoman hukum di negara kita.

Terlepas dari itu semua, ada baiknya mencantumkan disclaimer di setiap blog maupun website yang kita kelola.

Lalu bagaimana cara membuat disclaimer?

Anda sebenarnya bisa membuat disclaimer dengan menulisnya sendiri. Namun, kini sudah ada website yang membantu dan mempermudah kita membuat disclaimer dengan cepat. Berikut langkah membuat disclaimer secara online.

1. Buka situs privacy policy online bisa klik disini, sudah langsung saya arahkan ke menu pembuatan disclaimer.

Selanjutnya anda diminta untuk mengisi informasi utama blog  yang dikelola. Dibawah ini sedikit keterangan mengenai kolom yang harus anda isi.


Your Site Title : isi dengan nama blog / web anda
Your Site URL : Alamat blog anda
Contact Link : Laman contact us blog anda
Email Address : Email yang untuk pengunjung bisa menghubungi anda.
Email Encryption: terdapat tiga pilihan, tanpa Encryption, HTML atau JavaScript.

Jika semua kolom sudah terisi sesuai dengan semestinya silahkan anda klik generate disclaimer. Maka akan muncul teks dalam bentuk html dan salinlah semua teks yang ada pada kolom hasil disclaimer.

Untuk memasangnya, Masuk ke blogger.com pilih tab halaman kemudian buat halaman Baru. Ubah metode penulisan dari compose menjadi html lalu tempelkan hasil salinan tadi. Beri judul halaman dengan nama Disclaimer dan publikasikan.

 Selamat kini blog atau web anda sudah memiliki disclaimer. Cepat dan mudah bukan? Masih kebingungan? atau mau request? sampaikan pada kolom komentar atau langsung saja melalui email.

0 Response to "Cara mudah membuat disclaimer untuk blog dan website"

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2