LATIHAN SOAL ESSAY HUKUM 1 2 3 NEWTON KELAS 8 SMP

Latihan soal Essay Hukum 1 2 3 Newton Kelas 8 SMP- Semangat pagi!. Hallo sobat semua. Pada kesempatan kali ini saya update kembali soal dan pembahasan hukum newton satu dua dan tiga. Contoh soal yang saya berikan pada artikel ini merupakan edsisi khusus soal essay hukum newton kelas 8 SMP.

Jika sebelumnya sobat sudah pernah mengerjakan contoh soal gaya smp kelas 8, maka tentu akan mempermudah untuk mengerjakan soal essay hukum newton yang saya bagikan hari ini.

Latihan Soal Hukum 1 2 3 Newton Kelas 8 SMP

Hukum 1 Newton

Hukum satu newton berbicara tentang kelembaman suatu benda. artinya, setiap benda tetap pada keadaan diam atau bergerak dengan kecepatan kosntan. Jadi, benda yang diam maka akan cenderung diam mempertahankan kedudukannya dan benda yang bergerak maka akan bergerak dengan kecepatan konstan. artinya tidak memiliki percepatan benda. atau percepatan benda nilainya nol.

LATIHAN SOAL ESSAY HUKUM 1 2 3 NEWTON KELAS 8 SMP

Hukum satu newton sering disebut hukum Inersia benda atau kelembaman benda.
Secara matematis dapat ditulis

Total Gaya F = 0


Hukum 2 Newton

Hukum dua newton berbicara mengenai percepatan suatu benda dipengaruhi oleh besarnya total gaya yang bekerja pada benda tersebut dan massa benda tersebut. Percepatan benda akan sebanding dengan total gaya yang bekerja pada benda, dan berbanding terbalik dengan massa benda tersebut.
secara matematis dapat kita tuliskan

a = F/m

dimana : 
a = percepatan benda (m/s.s)
m = kilogram (Kg)
F = gaya benda (Newton)

Hukum 3 Newton

Hukum tiga newton berbicara tentang suatu benda yang diberikan sebuah gaya aksi (F aksi) maka benda tersebut memberikan gaya reaksi (-F reaksi) yang arahnya berlawanan dengan gaya aksi.

Secara matematis dapat kita tuliskan:

F aksi = -F reaksi

note: tanda minus menunjukkan arahnya berlawan arah dengan gaya aksi
Baik, itu sedikit review materi yang saya tuliskan. silahkan lanjutkan untuk latihan soal di bawah ini.

Soal Essay Hukum 1 2 3 Newton

1. Sebuah lokomotif bermassa 100 ton melaju dengan resultan gaya 250.000 N. berapakah percepatan yang dialami lokomotif tersebut?

2. Sebuah mobil sport bermassa 800 kg bergerak dipercepat pada 3,5 m/s2 menjauhi lampu lalu lintas. Berapakah resultan gaya yang diperlukan untuk memberikan percepatan ini?

3. Seekor sapi bermassa 500 kg dapat menarik gerobak bermassa 2500 kg dengan percepatan tetap 1,5 m/s2. Jika sapi tersebut menarik gerobak bermassa 1500 kg, berapakah percepatan yang dihasilkannya? Abaikan gaya gesekan!

4. Sebuah truk kosong bermassa 2 ton memiliki percepatan maksimum 1,2 m/s2. Berapa percepatan maksimumnya ketika truk itu membawa beban 1000 kg?

5. Sebuah gaya 20 N menyebabkan suatu benda mengalami percepatan 4,0 m/s2. 
    a. Berapa gaya yang diperlukan untuk memberikan benda yang sama percepatan 1,0 m/s2?
    b. Berapa gaya yang diperlukan untuk memberikan percepatan 6,0 m/s2?

6. Sebuah gaya 15 N digunakan untuk menggerakkan sebuah kotak bermassa 20 kg sepanjang tanah. Jika ada gaya gesekan 15 N gerak bekerja pada benda itu, hitung:
    a. Resultan gaya pada benda
    b. Percepatan benda

7. Sebuah lori dengan massa 1200 kg sedang bergerak pada kelajuan 15 m/s. tiba-tiba mobil itu menabrak suatu dinding pejal sehingga berhenti dalam waktu 0,4 s. hitung gaya rata-rata yang dikerjakan dinding pada lori?

8. Sebuah lempengan beton berukuran 1,0 m x 0,5 m x 0,1 m memiliki massa jenis 2400 kg/m3. Tentukan:
   a. Massa lempengan beton
   b. Berat lempengan beton



9. Tentukan berat dari 4 L bensin (massa jenis 750 kg/m3). 

10. Jika sebuah buku memiliki massa 1,2 kg, berapa berat buku itu:
   a. Pada permukaan bumi
   b. Pada permukaan bulan
Note: Ambil percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 dan percepatan gravitasi bulan 1/6 percepatan gravitasi bumi. 

11. Jika berat Yenni di bumi 550 N, berapakah berat Yenni pada planet Jupiter, yang memiliki percepatan gravitasi 26 m/s2?

12. Sebuah roket memiliki massa 600 kg. 
    a. Berapa berat roket di bumi?
    b. Pada saat terangkat, mesin roket mengerjakan gaya keatas 14.000 N. Berapa resultan gaya pada roket? Berapa percepatan awal roket?

13. Pada suatu permukaan mendatar, suatu benda bermassa 5 kg bergerak dengan kecepatan tetap 3 m/s ketika gaya 5 N dikerjakan pada benda. Berapakah percepatannya ketika gaya diperbesar menjadi 14 N?

14. Sebuah sepeda dan pengendaranya memiliki massa 80 kg. jika kelajuan sepeda 6,0 m/s, berapa besar gaya yang diperlukan untuk menghentikannya dalam 5,0 s?

15. Sebuah mobil bermassa 600 kg dipercepat oleh mesinnya dari keadaan diam sampai mencapai 50 m/s dalam waktu 20 s. jika semua gesekan diabaikan, berapa besar gaya mesin yang menghasilkan percepatan ini?

Penutup

Demikian artikel saya mengenai Soal Essay Latihan Hukum Newton. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya. Jangan lupa baca dan kerjakan soal latihan lainnya agar semakin terasah kemampuan fisikanya. Jika sobat menemukan ada soal yang salah, silahkan komen di bawah. terimakasih

0 Response to "LATIHAN SOAL ESSAY HUKUM 1 2 3 NEWTON KELAS 8 SMP"

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2