SOAL ESSAY GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB) KELAS 10 SMA

Latihan Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas 10 SMA Selamat datang di blog windows fisika. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan postingan contoh soal gerak lurus berubah beraturan. Gerak lurus berubah beraturan atau sering disingkat GLBB merupakan materi di fisika klasik yang dipelajari di kelas delapan dan kelas sepuluh.
SOAL ESSAY GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB) KELAS 10 SMA
Simulasi GLBB pada Moto GP
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda pada lintasan yang lurus yang memiliki kecepatan yang berubah dalam selang waktu tertentu. Perubahan kecepatan ini dinamakan sebagai percepatan atau perlambatan benda. Perubahan kecepatan pada benda yang bergerak berubah beraturan karena adanya gaya ekternal yang mempengaruhi benda tersebut. Apabila perubahan kecepatan akhir (vt) lebih besar daripada kecepatan awal (v0) maka benda akan mengalami GLBB dipercepat, begitu sebaliknya jika perubahan kecepatan akhir lebih kecil daripada kecepatan awal benda maka benda bisa dikatan mengalami GLBB diperlambat.

Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas 10 SMA

Sebelum anda mulai mengerjakan soal-soal latihan gerak lurus berubah beraturan, alangkah lebih baiknya jika anda mereview terlebih dahulu dengan membaca materi GLBB di buku paket masing-masing. Review kembali materi dan rumus-rumusnya agar lebih mudah mengerjakan soal-soal yang saya berikan.

Soal Essay GLBB Kelas 10 SMA

1. Dua buah mobil sedan melaju dengan lintasan lurus dan kecepatan yang sama, yaitu 10 m/s. Tiba-tiba mobil pertama mengalami percepatan 4 m/s2 dan mobil kedua mengalami perlambatan 2,5 m/s2. Berapa kecepatan mobil pertama dan kedua setelah 2 sekon? Bila mula-mula kedua mobil ada diposisi yang sama, berapakah jarak antara kedua mobil itu setelah 2 sekon?

2. Sebuah mobil dipercepat dari keadaan diam menjadi 10 m/s dalam waktu 10 s. Berapakah percepatannya? Jika kemudian, setelah mencapai kecepatan 10 m/s ini, mobil dipercepat lagi untuk mencapai kecepatan 40 m/s dalam waktu 5 sekon, berapakah jarak antara kedua mobil itu setelah 2 sekon?

3. Sebuah bola dilempar vertikal ke atas kemudian bola itu jatuh ke kedudukan semula. Hitung berapa kecepatan awal pada saat bola dilempar ke atas agar setelah 3 detik bola tersebut kembali ke kedudukan semula! g = 10 m/s2 

4. Sebuah bola dijatuhkan vertikal ke bawah dengan kecepatan awal 5 m/s.
a.  Berapa ketinggian bola tersebut jika dalam waktu 5 detik, bola sudah tiba di tanah? g = 10 m/s2 
b.   Hitung kecepatan setelah 2 detik sejak bola dilemparkan

5. Sebuah mangga jatuh dari pohonnya. Tinggi mangga itu 78,4 meter. 
a. Berapa ketinggian mangga itu setelah jatuh 3 detik?
b. Setelah berapa detik mangga itu tiba di tanah?
c. Berapa kecepatan mangga itu sesaat sebelum mencapai tanah?

6. Pukul 06.00 sebuah motor berangkat dari A dengan kecepatan 45 km/jam. Setengah jam kemudian sebuah mobil berangkat dengan kecepatan 90 km/jam ke arah yang sama dengan arah mobil. Kapan dan dimana mobil tepat menyusul motor?
a. Jika mula-mula mobil dan motor ada di posisi yang sama
b. Jika mula-mula mobil ada di posisi 45 km di belakang motor.

7. Dua mobil berjalan pada sebuah jalan raya lurus dengan arah saling berlawanan. Mobil pertama bergerak dari P dengan kelajuan tetap 40 km/jam dan mobil kedua bergerak dari Q dengan kelajuan 60 km/jam 7 menit kemudian. Jika jarak PQ adalah 15 km, kapan kedua mobil bertemu?

8. Sebuah mobil mengalami perlambatan 0,5 m/s2 dari kecepatan awal 30 m/s. Berapakah waktu yang diperlukan agar kecepatannya menjadi 10 m/s? Berapakah waktu yang diperlukan agar mobil berhenti?

8. Sebuah pesawat terbang tipe tertentu harus memiliki kecepatan 60 m/s untuk tinggal landas. Percepatan yang mampu diberikan oleh mesin pesawat itu adalah 2,5 m/s2. Berapakah panjang lintasan yang diberikan pesawat tipe ini untuk tinggal landas?

9. Ketika pengemudi menginjank rem, mobil diperlambat dari kelajuan 10 m/s menjadi 5 m/s dalam jarak 15 m. Berapa jauh lagi jarak yang ditempuh mobil sebelum akhirnya mobil berhenti?

10. Dua buah mobil sedan melaju dengan lintasan lurus dengan kecepatan yang sama, yaitu 10 m/s. Tiba-tiba mobil pertama mengalami percepatan 4 m/s2 dan mobil kedua menglami perlambatan 2,5 m/s2. Berapakah kecepatan mobil pertama dan kedua setalah 2 sekon? Bila kedua mobil berada di posisi yang sama, berapakah jarak kedua mobil itu setelah 2 sekon?


Penutup

Demikian artikel saya tentang Soal Essay Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Kelas 10 SMA. Jangan lupa untuk membaca dan latihan soal fisika di artikel lainnya. Terimakasih atas kunjungannya. Jika ada soal ataupun kunci jawaban yang salah dalam postingan artikel soal gerak lurus berubah beraturan. Silahkan anda komentar di bawah atau hubungi admin untuk revisi soal. Terimakasih.

0 Response to "SOAL ESSAY GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB) KELAS 10 SMA"

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2