Waspada! Ini Dia Beberapa Ciri Bisnis Online Palsu

Waspada! Ini Dia Beberapa Ciri Bisnis Online Palsu -  Zaman sekarang bisnis berbasis online sudah berkembang pesat. Tidak hanya dalam fashion saja, bahkan sekarang makanan pun sudah dijual secara online. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi memiliki dampak yang cukup kuat pada cara hidup masyarakat Indonesia.

Namun, pernahkah Anda tertipu saat membeli suatu barang secara online? Sudah transfer tapi mendadak penjual menghilang atau barang tidak kunjung sampai? Ternyata permasalahan ini sudah cukup meresahkan para pembeli. Apalagi bagi mereka yang sudah mentransfer banyak. Dengan adanya permasalahan ini membuat kepercayaan seseorang terhadap bisnis online merosot tajam dan akan membuat rugi para pebisnis yang jujur.

Waspada! Ini Dia Beberapa Ciri Bisnis Online Palsu

Meskipun sudah was-was dan terus berhati-hati dalam memilih berbelanja pada sebuah bisnis online, tapi nyatanya para penipu tersebut malah semakin banyak dan meresahkan masyarakat. Oleh sebab itu, tidak hanya waspada, tapi masyarakat pun harus paham bagaimana mengetahui ciri-ciri bisnis online palsu.

Waspada! Ini Dia Beberapa Ciri Bisnis Online Palsu


Menyembunyikan Identitas Aslinya

Dalam sebuah transaksi pada bisnis online, tentunya tidak mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung, hanya mengandalkan rasa kepercayaan saja. Biasanya, jika bisnis tersebut palsu, para penipunya akan menyembunyikan identitas asli sebaik mungkin. Seperti nama, alamat toko, nomor yang bisa dihubungi dan lain sebagainya. Biasanya, para penipu tersebut akan menggunakan nama kota saja yang tentunya cukup luas dan umum. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aksinya agar tidak terlacak oleh para korban.

Produk yang Sangat Murah dan Tidak Jelas

Ciri-ciri lain dari bisnis online palsu adalah menawarkan produk yang sangat murah dibawah standar harga biasanya. Memang, tidak semua produk yang murah merupakan ciri dari sebuah bisnis berbasis online. Namun, sebagai pembeli, kehati-hatian perlu terus ditanamkan. Selain harga yang terbilang sangat murah, biasanya tidak ada keterangan yang jelas tentang sebuah produk yang ditawarkannya. Sehingga, membuat para pembeli pun ragu untuk memilih.

Membatasi Hubungan Kontak dengan Pembeli

Dalam hal ini, ciri yang paling menonjol adalah dengan memberikan sedikit kontak yang bisa dihubungi di tampilan layar. Bahkan, ada beberapa penipu yang memang tdak ingin dihubungi melalui telepon, melainkan hanya melalui pesan singkat saja. Jika Anda menemukan yang seperti ini, cobalah untuk mengajukan pertanyaan seputar produk yang ditawarkan. Jika memang responnya sangat lama dan singkat, lebih baik Anda mencari penjual lain.

Tidak Ada yang Merekomendasikan

Dalam sebuah bisnis berbasis online, Anda perlu mengetahui dahulu penjual yang akan dipilih. Ketahuilah secara detaiil terkait apapun yang nantinya akan menumbuhkan rasa percaya. Pada sebuah bisnis online palsu, hanya akan ada sedikit orang yang merekomendasikan penjual tersebut. Mungkin saja yang nantinya Anda dapat saat mencari tahu tentang penjual itu adalah kebohongan-kebohongan yang sudha mulai terkuak.

Jika Anda masih penasaran, cobalah mencari penjual tersebut di google, biasanya selalu ada ulasan tentang penjual yang dimaksud. Jika ternyata yang keluar adalah semua tentang penipuannya, jangan lanjutkan transaksi Anda. Terlebih jika ternyata dalam beberapa artikel yang muncul terdapat bukti-bukti penipuan yang benar-benar nyata, maka sangat jelas bahwa itu adalah penipu.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa ciri bisnis online palsu. Kewaspadaan dan kehati-hatian dalam memilih bisnis berbasis online sangat diperlukan. Menimbang, tidak adanya transaksi secara langsung dan nyata, hanya dilakukan lewat media sosial saja. Sehingga, memang benar bisnis ini rawan akan penipuan.

0 Response to "Waspada! Ini Dia Beberapa Ciri Bisnis Online Palsu"

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2