5 Langkah Mudah Membangun Bisnis Online dari Nol

5 Langkah Mudah Membangun Bisnis Online dari Nol - Sering mendengar pebisnis online meraup banyak keuntungan tanpa adanya lapak fisik yang dimilikinya 'kan? Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis online ini mudah dijalankan oleh semua orang.

Kalau mendengarnya, terbesit juga keinginan untuk ikut terjun di dalamnya. Masalahnya, bagaimana cara menjalankan bisnis online dengan benar? Ada lima cara menjalankan bisnis online mudah dari nol yang bisa diakukan. Apa saja langkah mudah memulai bisnis online itu?

Cara-Cara Mudah Memulai dan Membangun Bisnis Online dari Nol

Tema Bisnis Online

Langkah pertama untuk memulai menjalankan bisnis online adalah menentukan apa yang ingin dijual dan memahaminya. Contohnya toko online yang khusus menjual buku saja, dan sebagainya.

Riset Kompetitor

Setelah melakukan langkah mudah memulai bisnis online pertama, selanjutnya adalah riset kompetitor. Lakukan riset lapangan terhadap pelapak lain yang menjual produk sejenis dengan bisnis yang akan dijalankan. Riset ini bisa dilakukan di sosial media atau marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain.

Supplier Amanah

Langkah ketiga yaitu memulai mencari supplier yang amanah dan tentunya memberikan harga di bawah harga toko. Sehingga baik sebagai penjual maupun supplier tetap bisa mendapatkan laba.

Brand

Setelah mendapatkan supplier dan melakukan perjanjian kerja sama. Langkah mudah memulai bisnis online selanjutnya adalah menjual brand toko. Walaupun produk yang dijual milik orang, tidak ada salahnya jika produk tersebut diberi logo toko online penjual. Dari logo atau merek konsumen akan mengenal bahwa itu merupakan produk toko online tertentu.

Promosi

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan promosi. Baik itu promosi gratis maupun berbayar.

Jenis-jenis Promosi

Promosi juga merupakan salah satu langkah mudah memulai bisnis online agar tetap eksis di antara persaingan bisnis yang makin banyak kompetitornya. Sebagai pebisnis, bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk memaksimalkan promosi.

Sosial Media

Promosi merupakan salah satu cara ampuh untuk membuat toko online lebih populer dan banyak dikenal orang. Salah satunya dengan memanfaatkan sosial media untuk membuat sayap bisnis makin terkembang lebar.

Langkah mudah memulai bisnis online promosi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan Facebook, Instagram, Tweeter, dan sebagainya untuk mempromosikan bisnis.

Website

Selain menggunakan sosial media, cara ampuh lain yang bisa digunakan adalah membuat website. Jika ingin meningkatkan trafik blog dengan cepat, pemilik website juga harus tahu mengenai teknik SEO atau search engine optimation dan mempelajarinya.

Teknik SEO yaitu teknik di mana pemilik web bisa membuat salah satu konten atau artikel di dalamnya ramah mesin pencari. Tentunya, faktor lain harus mendukung jika menggunakan teknik SEO ini. Seperti konten orisinil, update berkala, dan lain-lain.

5 Langkah Mudah Membangun Bisnis Online dari Nol


Usahakan domain web toko online merupakan website resmi atau premium. Sehingga memunculkan kesan di mata pelanggan bahwa website tersebut merupakan website profesional. Memang terkesan ribet, tetapi sebenarnya ini juga termasuk langkah mudah memulai bisnis online.

Grup Chatting

Memanfaatkan grup-grup chatting yang dimiliki untuk mempromosikan bisnis online untuk produk tertentu tidak ada salahnya dilakukan. Jangan berhenti untuk menambah relasi, pertemanan, atau persahabatan. Karena mereka memiliki potensi untuk menjadi pelanggan di masa depan.

Cara Lain Menambah Jaringan Bisnis

Selain getol promosi, cara lain untuk menambah jaringan bisnis adalah dengan memberikan harga yang terjangkau dan tentunya lebih ramah daripada kompetitor lain. Hal ini tentu berkaitan dengan langkah mudah memulai bisnis online poin ketiga. Supplier.

Selain harga terjangkau, perhatikan juga kualitas produk yang diperjualbelikan. Hal ini guna membangun kepercayaan konsumen yang tidak mudah. Sehingga hal ini penting sekali untuk keberlangsungan bisnis online ke depannya.

Selain hal itu, langkah mudah memulai bisnis online terakhir. Berikan pelayanan terbaik. Jangan judes atau jutek, selalu ramah walaupun sering diPHP. Sehingga, mereka betah berlama-lama berbincang atau kembali lagi karena merasa diberikan kenyamanan membeli dan bertanya soal produk.

0 Response to "5 Langkah Mudah Membangun Bisnis Online dari Nol"

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2