Dampak yang akan timbul akibat kebiasaan tidur setelah sahur

Akibat yang akan timbul apabila tidur setelah sahur


Giat Mengajar - Rasa kantuk yang teramat sangat selalu dirasa setelah lahapnya makan diwaktu sahur sehingga membuat anda tertidur. Akibatnya ada beberapa orang yang kemudian tidur dan meninggalkan waktu shalat subuh berjamaah di masjid.

Dampak yang timbul akibat tidur setelah sahur

Tahukah anda dampak apa yang akan terjadi jika tidur setelah sahur? Selain akan menerima dosa karena meninggalkan kewajiban juga bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan tubuh kita loh.

Risiko jika tidur setelah sahur


1. Menaiknya Asam Lambung

Tidur setelah makan membuat sistem pencernaan kesulitan untuk mencerna makanan yang masuk. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, terutama naiknya asam lambung.

Asam lambung (heartburn) dapat menyebabkan luka dan mengikis lapisan dinding di kerongkongan. Hal Ini bisa menyebabkan perut terasa mulas, nyeri pada ulu hati, dan terasa panas seperti terbakar pada dada. Asam lambung yang terus menaik dapat mengakibatkan penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease).

2. Diare atau sembelit

Tidur setelah makan akan memperlambat proses pencernaan sehingga makanan akan terlalu lama di dalam perut atau menimbun. Timbunan makanan dalam perut yang tidak kunjung dicerna bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit. Tetapi tergantung dari apa yang kita makan ketika sahur.

3. Obesitas dan Diabetes

Akibat yang akan timbul apabila tidur setelah sahur

Obesitas bisa diakibatkan karena terbiasa tidur setelah mengonsumsi makanan berat. Hal ini terjadi karena menumpuknya kalori yang masuk ke dalam tubuh. Karena tidur sudah pasti kita tidak melakukan aktivitas apapun yang dapat membakar kalori, akibatnya lemak dalam tubuh menumpuk dan tidak terbakar sempurna.

Diabetes muncul karena efek dari obesitas. Lemak dan kalori yang menumpuk dapat mengakibatkan kegemukan yang kemudian disusul dengan penyakit diabetes.

4. Stroke

Tidur setelah makan membuat sistem pencernaan sulit untuk mencerna makanan. Yang berarti lambung membutuhkan asupan darah lebih banyak untuk memperlancar pekerjaannya.

Disamping itu, otak tetap membutuhkan asupan darah yang stabil meskipun sedang tertidur. Suplai darah yang terkonsentrasi menuju perut ini membuat otak bisa kekurangan oksigen. Bila kebiasaan ini terus dilakukan, otak bisa mengalami stroke.

Jenis stroke akibat kebiasaan tidur setelah makan yaitu stroke iskemik yang diakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah otak.

Baca juga : ini dia, bisnis menguntungkan di bulan ramadhan yang wajib anda coba


Itulah beberapa penyakit yang dapat menyerang bila anda tidur setelah sahur. Sebaiknya anda melakukan aktivitas agar tidak mengantuk seperti membaca, mengaji atau bercanda ria bersama keluarga sembari menunggu waktu shalat subuh berjamaah.

1 Response to "Dampak yang akan timbul akibat kebiasaan tidur setelah sahur"

  1. Sebagai tambahan tidur setelah sahur dapat mengakibatkan ketiduran... jadi bagi yg harus bangun pagi jangan sebaiknya jangan tidur lagi .

    ReplyDelete

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2