Pelajar wajib tau! Tips agar nilai ujian bisa maksimal

TIPS SUPAYA NILAI UJIAN BISA MAKSIMAL MESKI DALAM WAKTU YANG MEPET

Cara agar nilai un maksimal

Giat Mengajar - Buat kamu yang masih sekolah pastinya akan dihadapkan dengan ujian akhir semester atau penilaian akhir semester. Tentunya nilai hasil ujian ini akan dimasukan ke rapor mu. Apakah kamu mau menerima dengan hasil yang nilainya pas - pasan atau bahkan buruk? pastinya tidak.

Mengenai hal tersebut saya akan membagikan beberapa tips atau cara agar bisa memaksimalkan nilai ujian dan tentunya versi Bang GM yah. Lalu bagaimana agar nilai ujian bisa maksimal?

Berhenti Bermain Gadget / Smartphone atau Sejenisnya

Ketika kamu membaca cara yang pertama pasti sudah merasa seperti lesu, Nah, ini salah satu efek dari seringnya kamu bermain dengan gadget yang dimiliki dimana kondisi kamu beranggapan bahwa gadget adalah bagian dari hidup yang tidak bisa dilepaskan.

Untuk mengatasinya cobalah kamu meletakan gadget dalam lemari, "saya masih merasa gelisah dan ingin sekali bermain gadgetnya" jika kamu merasa seperti itu setidaknya sehari menggunakan sebentar saja lalu letakan kembali. Masih tidak bisa lepas dari gadget tersebut? pasrahkan segala barang yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran di sekolah kepada orang tua atau bahkan guru sekolahmu khususnya gadget. Tenang cuma satu minggu kok dan paling lama dua minggu.

Mungkin ketika gadget kesayanganmu sudah dititipkan justru ketika belajar yang ada dipikiran selalu gadget, gadget dan gadget. Jangan khawatir teruslah belajar maka dalam beberapa hari kamu mulai terbiasa tanpa barang tersebut.


Belajar Sesuai Kompetensi Dasar ( KD )


"Aduh ujian tinggal menghitung jari, sedangkan aku belum hafal dan paham betul semua materi pelajaran." Inilah mengapa belajar sesuai kompetensi dasar saya masukan dalam cara memaksimalkan nilai ujian. Ketika kamu sedang terdesak waktu cara ini sangat ampuh, fokus dan hafalkan materi sesuai KD yang ada.

Misalkan salah satu KD pelajaran bahasa indonesia
"Siswa dapat menyampaikan penjelasan / pengertian dari novel", maka hafalkan pengertian tersebut dan jika sudah hafalkan KD yang lainnya.

Baca juga : Apa itu sistem konsinyasi? Yuk baca!

Mengapa Bang GM seyakin itu? Karena guru secara profesionalitas setiap soal atau pertanyaan yang diberikan kepada muridnya selalu mengambil dari KD yang ada. Misalkan KD mengenai novel, tidak mungkin guru akan memberikan pertanyaan selain novel karena sebenarnya KD menurut saya sama halnya dengan kisi - kisi.

Memohon Doa Kepada Tuhan

Memohon doa kepada tuhan untuk diberi kemudahan saat menghadapi ujian sangatlah penting. Seperti yang guru sekolah saya katakan bahwa "Perkara yang paling penting adalah perkara agama". Hal tersebut memang benar adanya, karena pada hakekatnya kita di dunia untuk mencari ilmu akhirat sebanyak - banyaknya, tetapi kita juga memerlukan ilmu dunia untuk bisa bertahan hidup.

Saran saya ketika kamu belajar jangan hanya saat malam hari, akan tetapi saat pagi hari di waktu sholat subuh ( kami yang beragama islam ) karena ketika pagi hari pikiran kita sedang dalam kondisi segar - segarnya, apalagi setelah menunaikan ibadah sholat subuh maka insyaallah apa yang kita hafalkan akan sangat mudah masuk dan sulit melupakannya.

Baca juga : Cara menghapus akun google

Itulah beberapa hal yang dapat kamu terapkan untuk menghadapi ujian, baik akhir semester ataupun kenaikan kelas bahkan ujian nasional dan saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penataan kata. Selamat belajar, jadikan belajar hobimu maka rezeki akan mendatangimu dengan sendirinya.

Jangan lupa share artikel ini ke teman - teman biar mereka juga dapat nilai yang maksimal.

6 Responses to "Pelajar wajib tau! Tips agar nilai ujian bisa maksimal"

putra said...

wah ini artikel wajib baca nih buat anak sekolah

Dyah said...

Yang jelas, untuk berhasil saat ujian, ya belajar rutin. Dari awal semester sudah biasa nyicil baca pelajaran. Kalau belajarnya baru seminggu sebelum, ya mestinya nggak akan maksimal.

Afif Sarifudin said...

betul sekali mas putra, terimakasih sudah berkunjung.

Afif Sarifudin said...

hehe... bener mbak. pasti mbaknya juga selalu seperti ini yah waktu masih sekolah.

Berita Hot said...

Hehehe siap siap, semoga lolos masuk PTN Aamiin...

Writer Daylight said...

Yang berdoa itu bener bgt ka tp yg paling bener adalah nyontek hahaha

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2