SOAL LATIHAN GERAK LURUS BERATURAN DAN BERUBAH BERATURAN KELAS 7 SMP

Contoh Latihan Soal GLB dan GLBB - Semangat pagi sobat windows fisika. Pada kesempatan kali ini saya mengupdate soal latihan fisika kelas 7 semester 1 bab GLB dan GLBB. Materi GLB dan GLBB biasa dipelajari berkaitan dengan jarak, kecepatan, waktu tempuh dan percepatan sebuah benda ketika diberikan gaya ekternal.

Contoh Latihan Soal GLB dan GLBB

Jika sebelumnya sobat pernah menyelesaikan contoh soal gerak lurus berubah beraturan, maka akan lebih mudah untuk berlatih lagi dari soal GLB dan GLBB yang saya update hari ini. Karena tidak bisa dipungkiri, jika sobat ingin jago menyelesaikan sooal fisika, maka sobat tentu perlu banyak latihan soal.
Di bawa saya berikan 10 soal tentang gerak lurus pilihan ganda dan 6 soal essay yang bisa sobat coba selesaikan. Jika dalam proses pengerjaan nanti ada kendala, silahkan soabt baca-baca lagi contoh soal fisika kelas 7 semester 1 dan pembahasannya di buku paket masing-masing.
Mudah-mudahan isi postingan latihan soal GLB dan GLBB yang saya tulis bisa sobat pahami dan bisa mengasah kemampuan materi fisikanya.

Soal Latihan Gerak Lurus Beraturan (GLBB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) kelas 7 SMP

Agar anda bisa memahami isi soal ulangan dan bagaimana cara mengerjakan soal Fisika di bawah ini. Coba anda pahami terlebih dahulu petunjuk pengerjaan soal, detil soal latihan lalu mulailah mengerjakan tahap demi tahap.

A. Petunjuk pengerjaan soal

1. Soal Terdiri dari 10 pilihan ganda dan 6 soal essay
2. Bacalah soal dengan teliti
3. Pilihalh jawaban yang menurut anda paling tepat dan benar
4. Apabila ada soal atau tulisan yang salah silahkan laporkan kepada pengawas ujian
5. tuliskan jawaban anda beserta caranya di selembar kertas kosong
6. waktu pengerjaan 60 menit
7. Teliti dan periksa kembali jawaban anda sebelum dikumpulkan kepada pengawas
8. kumpulkan lembar jawaban beserta lembar cara pengerjaaan kepada pengawas

B. Soal latihan pilihan ganda BLB dan GLBB

1. Sebuah benda dengan massa 1 kg, jatuh bebas dari ketinggian 10 meter. Jika percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2, maka kecepatan benda pada ketinggian 5 meter adalah ....
a. 25 m/s                 d. 10 m/s
b. 20 m/s                 e.   5 m/s
c. 15 m/s
2. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 31,25 m. Jika percepatan gravitasi bumi di tempat itu 10 m/s2, maka pada saat benda berada di ketinggian 20 m dari tanah kecepatan benda tersebut adalah . . ..
a. 10 ms-1                d. 20,6 ms-1
b.   5 ms-1               e. 25 ms-1
c. 20 ms-1

3. Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal 5 m/s. Kemudian benda tersebut diberi gaya searah dengan kecepatan sebesar 30 N. Jika massa benda 1 kg, hitunglah kecepatan benda setelah bergerak sejauh 10 m !
a. 15 m/s                 d. 50 m/s
b. 20 m/s                 e. 150 m/s
c. 25 m/s

4. Sebuah mobil bergerak dari keadaan diam dan mencapai kecepatan 40 m/s selama waktu 20 sekon. Percepatan rata-rata mobil tersebut adalah .... 
a. 0,2 ms-2               d. 80 ms-
b. 2 ms-2                 e. 800 ms-2
c. 20 ms-2
5. Massa benda 0,4 kg dilempar vertikal ke atas hingga mencapai ketinggian 5 meter. Jika percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2, maka kecepatan awal benda yang dilempar adalah 
a. 2 m/s               d. 52 m/s
b. 4 m/s           e. 10 m/s
c. 5 m/s

6. Misalkan jarak kota A - B adalah 180 km. Sebuah bus berangkat dari kota A pukul 08.00 dan sampai di kota B pukul 12.00. Kecepatan rata-rata bus tersebut adalah .... 
a. 12,5 m/s               b. 20 m/s 
b. 15 m/s                 e. 22,5 m/s 
c. 17,5 m/s
7. Sebuah roket meluncur dengan kecepatan awal 4 m/s mendapat percepatan tetap 0,3 ms-2. Setelah 2 menit kecepatan roket itu adalah . . . .                          
a. 40 m/s             
b. 36 m/s              
c. 4,6 m/s                                                  
d. 4,3 m/s
e. 4 m/s

8. Sebongkah batu yang massanya 2 kg, dilepaskan dari ketinggian 200 m dari permukaan tanah. Apabila percepatan gravitasi bumi = 10 ms-2, kecepatan bongkahan batu tatkala melewati titik yang berada pada ketinggian 120 meter dari permukaan tanah adalah .... 
    a. 40 m/s                 d. 160 m/s 
b. 80 m/s                 e. 200 m/s 
c. 120 m/s

9. Benda dilemparkan ke atas dengan kecepatan awal 50 m/s. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2. Berapa waktu yang dibutuhkan benda mencapai ketinggian maksimum (ket: pada ketinggian maksimum kecepatan benda = 0) ….
    a. 5 detik           c. 25 detik
    b. 10 detik       d. 50 detik

10. sebuah benda jatuh bebaskan dari suatu ketinggian (kecepatan awal 0). Ketika mencapai tanah kecepatan benda 10 m/s, jika percepatan benda 10 m/s2, ketinggian awal benda adalah ….
    a. 100 m       c. 10 m
    b. 50 m       d. 1 m

C. Soal latihan Essay GLB dan GLBB


1. Sebuah mobil melaju dengan kelajuan 100 km/jam selama 2 jam, 60 km/jam selama 4 jam dan 50 km/jam selama 1 jam. Hitung kelajuan rata-rata mobil itu.

2. Mobil A dan B terpisah sejauh 240 m. Dari titik start masing-masing kedua mobil bergerak saling mendekati. Kecepatan mobil A adalah 2 m/s dan mobil B melaju dengan kecepatan 6 m/s.
    a. Pada detik keberapa kedua mobil berpapasan?
    b. Tentukan jarak dari titik start mobil B keduanya berpapasan.

3. Berapa waktu yang dibutuhkan benda untuk merubah kecepatannya dari 30 m/s menjadi 60- m/s jika perecpatan benda 5 m/s2, hitung pula jaraknya.

4. Sebuah benda dilemparkan keatas dengan kecepatan awal 40 m/s, jika percepatan gravitasi 10 m/s2, hitung ketinggian maksimum benda.

5. Dari ketinggian 50 m sebuah benda dijatuhkan bebaskan. Hitung kecepatan benda pada ketinggian 40 m dan saat menyentuh tanah.

6. Sebuah pesawat Boing 747 milik Garuda melakukab take off di landasan pacu Bandara SOETA menuju Bandara Sam Ratulangi, Manado. Setelah kecepatannya mencapai 300 km/jam, badan pesawat terangkat dan mulai terbang. Kecepatan terus ditambah hingga mencapai 700 km/jam. Dari saat mulai bergerak hingga kecepatannya mencapai 700 km/jam dibutuhkan waktu 15 menit. Karena kondisi cuaca yang cerah dan tidak terjadi turbulensi, hingga beberapa saat sebelum mendarat, pesawat terus melaju dengan kecepatan 700 km/jam. Lima belas menit sebelum landing, terasa pesawat mulai menukik kebawah dan kecepatan mulai dikurangi. Pada saat kecepatannya mencapai 200 km/jam, terasa roda pesawat menyentuh landasan dan kecepatan makin lama makin berkurang hingga akhirnya mencapai 40 km/jam. Selanjutnya pesawat bergerak dengan kecepatan tersebut untuk menuju tempat parkiran. Dengan dipandu pengawas bandara, pesawat diarahkan kejalur tertentu dan akhirnya berhenti. Total waktu pesawat mulai bergerak di Bandara Soeta hingga landing di Bandara Sam Ratulangi Manado adalah 3 jam.

    a. Gambarkan grafik hubungan antara kecepatan dan waktu dari perjalanan pesawat 
        mulai dari take off hingga landing.
    b. Tentukan bagian GLBB dari grafik diatas
    c. Hitung percepatan pesawat saat take off dan saat akan landing
    d. Hitung jarak Jakarta – Manado

C. Penutup

Demikian artikel Latihan Soal GLB dan GLBB , mudah-mudahan artikel soal latihan GLb dan GLBB bisa membantu mengasah kemampuan fisika sobat semua. Sampai jumpa di postingan artikel latihan soal IPA lainnya. Selamat mencoba dan mengerjakan, jangan lupa kerjakan juga soal-soal fisika lainnya. (klik disini)

Jika sobat suka dengan artikel ini silahkan bagikan ke kawan-kawan. Apabila sobat ada pertanyaan mengenai soal GLB dan GLBB silahkan komentar di bawah.

0 Response to "SOAL LATIHAN GERAK LURUS BERATURAN DAN BERUBAH BERATURAN KELAS 7 SMP"

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2