JENIS-JENIS ENERGI TERBAHARUKAN MATERI FISIKA SMP KELAS 7

JENIS-JENIS ENERGI TERBAHARUKAN MATERI FISIKA SMP KELAS 7

SUPLEMEN PENGETAHUAN 

TAHUKAH KAMU ENERGI TERBAHARUKAN?   

Tahukah kamu berapa umur bumi sekarang?

Menurut penelusuran dari sumber sebuah situs resmi di www.wikipedia.org dikatakan bahwa umur Bumi sekitar 4.54 miliar tahun (4.54 × 109 years ± 1%).Usia ini ditentukan melalui penanggalan radiometrik meteorit dan sesuai dengan usia bebatuan tertua yang pernah ditemukan dan sampel dari bulan. Matahari, sebagai perbandingan, berusia sekitar 4.57 miliar tahun, 30 juta tahun lebih tua.   Sekarang sudah tahu bukan umur bumi. Kalau bumi sudah berumur setua itu tentu sudah banyak bukan sumber energi yang sudah di
eksplorasi dari perut bumi. Jika terus menerus sumber energy dari dalam bumi di eksplorasi maka lama kelamaan pasti akan habis juga. Di Indonesia sendiri sudah sering kita jumpai kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) yang merupakan salah satu sumber energy di Indonesia. 

Menurut situs resmi http://www.citizenjurnalism.com dikatakan bahwa cadangan minyak bumi Indonesia diperkirakan habis pada 2030. Berarti tujuh belas tahun kemudian Indonesia mengalami kelangkaan energy dari BBM. Jika ini terjadi maka perlu energy lain yang terbaharukan (renewable energy). Energi terbarukan berasal dari sumber-sumber alam yang terus-menerus dan berkelanjutan diisi ulang. Memanfaatkan energi dari air, matahari angin, tanaman, dan sumber-sumber terbarukan lainnya. Terdapat 6 jenis energi terbarukan yaitu energy dari surya, angin, biomassa, tenaga air, panas bumi dan biofuel. Masing-masing sumber energi terbarukan menyediakan alternatif untuk pembangkit energi tradisional dan dapat direproduksi. 

Berikut penjelasan singkat mengenai energy terbaharukan:   

Energi Angin

energi angin dapat digunakan sebagai sarana untuk menghasilkan listrik melalui pembangkit listrik tenaga angin. Energy angin mengubah energi kinetik menjadi energi mekanik. Energy angin merupakan sumber energy yang bersih, hijau terbarukan. 

Energi surya (matahari) 

Energy sudah ada sejak bumi terbentuk. Energy surya merupakan sumber terbarukan bebas, energi hijau. Energi surya dimanfaatkan melalui panel surya yang digunakan baik untuk menghasilkan listrik (photovoltaics surya). Energi surya tidak menghasilkan efek rumah kaca dan ramah lingkungan. 

Energi Biomassa 

Energi biomassa yang dihasilkan dari bahan organik seperti tanaman dan hewan. Bentuk yang paling umum digunakan untuk menghasilkan energi biomassa adalah kayu, tanaman, pupuk dan beberapa sampah.Saat zat ini dibakar, mereka melepaskan energi sebagai panas. energi biomassa dapat terbentuk dengan mengubah zat menjadi gas metana, etanol dan bahan bakar biodiesel.            

Geothermal 

Energi panas bumi berasal dari panas yang dilepaskan oleh Bumi. Pemanfaatan geothermal ini digunakan untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi. geothermal sebagai sumber energi terbarukan melalui siklus air. seperti air di Bumi diisi kembali oleh curah hujan biasa dan panas yang digunakan secara teratur dihasilkan oleh bumi.

Energi Air 

Energi air digunakan dalam menggerakkan turbin dalam pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Energy air terbentuk dengan mengkonversi energy kinetic yang dimiki oleh air menjadi energy listrik.. energy air merupakan sumber energi terbarukan.  

Biofuel Biofuel 

adalah bentuk energi terbarukan yang berasal dari zat tumbuhan atau hewan yang terbakar. Dua cara yang paling umum yang untuk memproduksi biofuel yaitu dengan menanam tanaman untuk memproduksi etanol dan tanaman yang menghasilkan minyak biofuel. Biofuel adalah salah satu sumber energi terbarukan yang efektif.

0 Response to "JENIS-JENIS ENERGI TERBAHARUKAN MATERI FISIKA SMP KELAS 7"

Post a Comment

Note : Dilarang melakukan promosi dan komentar yang mengandung unsur sara, ras, agama, kontroversi dan pornografi.

Iklan Tengah Artikel 2